Memakai Masker Scuba dan Buff Tidak Diperbolehkan di Kereta Commuter Line

- 15 September 2020, 16:06 WIB
Ilustrasi Masker Scuba /Istimewa

Sepasi - PSBB total Jakarta sudah berjalan sejak hari senin  14 September 2020 kemarin. Transportasi dan angkutan umum masih bisa beroperasi dengan aturan yang khusus dan ketat.

Salah satunya Kereta Commuter Line (KRL) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penumpang. Memakai masker pun tidak sembarang masker yang bisa dipakai.

Dalam aturan baru yang dikeluarkan PT KCI, perusahaan yang menaungi Kereta Commuter Line (KRL), mewajibkan penumpang menggunakan masker dengan bahan paling sedikit dua lapis.

Baca Juga: Akibat Kasus Covid-19, Piala Thomas & Uber 2020 Resmi Ditunda

Untuk itulah, sesuai aturan tadi memakai masker jenis scuba dan buff atau kain tipis lainya dilarang penggunaan di Kereta Commuter Line (KRL).

Menurut nereka, menggunakan masker kain yang terdiri dari minimal dua lapisan yang efektivitasnya mencukupi dalam mengurangi droplet atau cairan.

Selain tidak efektif, masker scuba atau buff bukannya malah melindungi dan mencegah penularan, tetapi justru bisa membahayakan penggunanya. 

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di India Sudah Hampir Menyentuh 5 juta Jiwa

Dari sebuah riset yang dilakukan para peneliti dari Duke University, Belanda, ternyata masker scuba dan buff merupakan masker paling buruk kinerjanya ketimbang masker lain.

Halaman:

Editor: Adrian Ramdani


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X