ICW Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar ke Bareskrim Polri dengan Sejumlah Bukti Terkait Hal Ini

- 8 September 2021, 20:38 WIB
Lili Pintauli Siregar ditetapkan telah melakukan pelanggaran kode etik.
Lili Pintauli Siregar ditetapkan telah melakukan pelanggaran kode etik. /Antara/HO-Humas KPK

SEPASI - Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan Lili Pintauli Siregar ke Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu, 8 September 2021, terkait adanya bukti keterlibatkan dalam kasus maling uang rakyat (Korupsi) yang menyeret nama Wali Kota Tanjung Balai non aktif, M. Syahrial.

ICW melaporkan Lili Pintauli Siregar atas dugaan pelanggaran Pasal 35, Pasal 36, juncto Pasal 65 Undang-Undang, yaitu tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, saat ditemui di lobi Bareskrim Polri menjelaskan bahwa dalam undang-undang itu menyebutkan pimpinan KPK dilarang berhubungan, baik langsung ataupun tidak langsung dengan tersangka atau orang lain yang sedang menjalani perkara di KPK.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang, Menkumham Yasonna Laoly Bentuk Lima Tim

Namun ditemukan fakta, seperti dalam putusan Dewan Pengawas (Dewas) KPK bahwa Lili Pintauli Siregar menjalin komunikasi dengan pihak yang tengah menjalani perkara di KPK.

"Dan itu bukan hanya melanggar kode etik, melainkan juga melanggar hukum," ujar Kurnia Ramadhana.

Kurnia menambahkan, komunikasi dua arah antara Lili Pintauli Siregar dan mantan Wali Kota Tanjung Balai non aktif M. Syahrial mengarah pada bantuan penanganan perkara.

Baca Juga: WOW dari Rp5,6 M jadi Rp10,9 M! Harta Kekayaan Anies setelah 3 Tahun Menjabat Gubernur DKI Jakarta

"Lili memberikan kontak salah satu advokat di Kota Medan untuk membantu perkara M. Syahrial," kata Kurnia Ramadhana seperti dikutip dari Antara

Halaman:

Editor: Lutfi Dananjaya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X