Kenali Bahaya Virus Covid-19 Varian Delta, Berpotensi Menular di Udara dalam 15 Detik

- 16 Juli 2021, 15:30 WIB
Ilustrasi virus Covid-19 varian Delta,/ pixabay
Ilustrasi virus Covid-19 varian Delta,/ pixabay /

SEPASI - Dirjen Kementerian Kesehatan Malaysia menerangkan, strain baru Covid-19 yang dikenal varian Delta sangat menular dan bisa menyebar di udara dalam waktu 15 detik.

Mengutip PMJNews, Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah menjelaskan lonjakan infeksi sejak 26 Juni 2021 sebagian besar disebarkan oleh varian Delta, dan meminta masyarakat untuk mengambil langkah pencegahan yang lebih besar.

"Bila dilihat dari daya tular virus normal, R0 atau Rt antara 2.5 dan 3.0. Namun, R0 atau Rt untuk varian Delta atau varian yang kami identifikasi jauh lebih tinggi, yaitu antara 5.0 dan 8.0," ujar Dr Noor Hisham, pada Jumat 16 Juli 2021.

Baca Juga: Mahfud MD Komentari Kasus Hukum Elsa di Ikatan Cinta, Warganet: Mirip Kasus Air Keras Novel Baswedan Ya Pak!

“Hal itu berarti, 100 orang terinfeksi, dalam masa inkubasi yang singkat dapat menginfeksi antara 500 hingga 800 orang," tutur Noor Hisham.

Noor Hisham kembali menuturkan, para ahli sebelumnya memperkirakan virus dapat ditularkan ke orang terdekat yang berjarak kurang dari satu meter dalam waktu 15 menit.

"Kami diberitahu bahwa dengan varian baru ini sekarang, infeksi dapat terjadi hanya dalam waktu 15 detik. Dan juga karena ditularkan melalui udara," tutur Noor.

Baca Juga: Terbukti Bersalah, Edhy Prabowo Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda 400 Juta Rupiah

Kemenkes Malaysia juga mengumumkan akan menghentikan penggunaan vaksin Sinovac usai pasokannya habis.

Halaman:

Editor: Sri Sulistiyani

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X