Viral Klaim Obat Covid-19 oleh Dokter Wisma Atlet, Simak Faktanya

- 12 Juli 2021, 09:40 WIB
Ilustrasi hoaks.
Ilustrasi hoaks. /Pixabay/Gerd Altmann/

SEPASI - Beredar informasi di aplikasi perpesanan Whatsapp yang berisi klaim resep pengobatan Covid-19 mandiri dengan mengatasnamakan dokter Rumah Sakit Wisma Atlet. Benarkah demikian?

Informasi berisi klaim resep pengobatan Covid-19 mandiri dengan mengatasnamakan dokter Rumah Sakit Wisma Atlet viral sejak beberapa hari belakangan.

Pasalnya, info tersebut beredar bersamaan dengan anjuran agar masyarakat dengan gejala Covid-19 ringan hingga sedang  sebaiknya melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Mengingat keterbatasan kapasitas fasilitas rumah sakit di berbagai daerah akibat lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Hindari Antrean Panjang! Cek Stok Obat di Apotek Lewat Aplikasi Ini

Dari pantauan SEPASI, informasi viral tersebut ternyata hoaks yang termasuk kategori ‘misleading content’.

Simpulan hoaks merupakan hasil sanggahan dr. Siti Nadia Tarmizi atau akrab disapa dr. Nadia usai dikonfirmasi, dinukil dari laman Instagram resmi Jabar Saber Hoaks, Senin, 12 Juli 2021.

dr. Nadia adalah Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 RI.

Menurut dr. Nadia, info tersebut tidak mungkin berasal dari dokter RS Wisma Atlet. Sebab, obat yang tertera dalam resep tersebut bukanlah obat bebas yang bisa dibeli sembarangan.

Halaman:

Editor: Zoraya Ralie

Sumber: Jabar Saber Hoaks, Instagram @jabarsaberhoaks


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X