Hewan Bisa Berubah Bentuk Lebih Besar Jika Iklim Menghangat

- 9 September 2021, 06:38 WIB
Hewan Bisa Berubah Bentuk Lebih Besar Jika Iklim Menghangat
Hewan Bisa Berubah Bentuk Lebih Besar Jika Iklim Menghangat /pixabay/pexels

SEPASI - Perubahan iklim bukan perkara sepele. Beberapa hewan ternyata bisa berubah bentuk ketika planet Bumi semakin hangat, dan ini bukan melulu pertanda baik. Begitu menurut studi baru.

Studi baru oleh peneliti Australia ini menemukan, tubuh sejumlah hewan berdarah panas seperti burung beo Australia hingga kelinci Eropa bisa berubah lebih besar saat iklim menghangat.

Sejumlah hewan tersebut terbukti mengembangkan ekor, paruh, dan telinga yang lebih besar untuk mengatur suhu tubuh.

Peneliti menyimpulkan, tubuh hewan berubah bentuk lebih besar karena memungkinkan mereka kehilangan panas tubuh secara lebih efektif.

“Perubahan iklim menambah ‘banyak tekanan’ pada hewan,” kata Sara Ryding, pemimpin studi baru dari Deakin University di Australia, dilansir Mint, Kamis, 9 September 2021.

"Sudah saatnya kita menyadari bahwa hewan juga harus beradaptasi dengan perubahan iklim, tetapi ini terjadi dalam skala waktu yang jauh lebih pendek ketimbang yang terjadi di sebagian besar waktu evolusi," jelasnya.

Baca Juga: Jangan Tidur Tanpa Celana, Kelepasan Kentut Ternyata Bisa Berbahaya

Studi yang diterbitkan pada hari Selasa di jurnal Trends in Ecology and Evolution ini meninjau penelitian sebelumnya.

Studi sebelumnya menyimpulkan bahwa pemanasan iklim adalah variabel penjelas potensial yang tersembunyi untuk terjadinya perubahan bentuk pada hewan.

Halaman:

Editor: Zoraya Ralie

Sumber: Mint


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X