98,8 Persen Penyintas Covid-19 Masih Memiliki Antibodi hingga 9 Bulan Sejak Terinfeksi

- 21 Juli 2021, 04:56 WIB
98,8 Persen Penyintas Covid-19 Masih Memiliki Antibodi hingga 9 Bulan Sejak Terinfeksi /petcentral.chewy
98,8 Persen Penyintas Covid-19 Masih Memiliki Antibodi hingga 9 Bulan Sejak Terinfeksi /petcentral.chewy /

SEPASI - Ada kabar baik bagi para penyintas Covid-19, pun masyarakat yang telah divaksin. Menurut studi baru, antibodi virus corona bisa bertahan hingga 9 Bulan sejak terinfeksi, pada hampir 99 persen orang yang sudah pulih dari Covid-19.

Studi oleh peneliti dari Universitas Padua Italia dan Imperial College London ini menambah bukti bahwa infeksi Covid-19 bisa memberikan perlindungan terhadap virus corona.

Tim peneliti, yang menulis hasil temuannya di Nature Communications, menguji antibodi Covid-19 pada hampir 90 persen dari 3.000 penduduk Kota Vo di Italia.

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa-Bali Resmi Diperpanjang hingga 25 Juli

Dalam rentang waktu sembilan bulan, tim menemukan bahwa 98,8 persen orang yang terinfeksi Covid-19 di gelombang pertama—sekitar Februari/Maret 2020—masih memiliki tingkat antibodi yang terdeteksi sembilan bulan kemudian saat diuji pada bulan November.

Kadar antibodi yang ditemukan relatif sama, baik pada yang bergejala maupun tanpa gejala (OTG).

Bagi sebagian orang, tingkat antibodi juga ditemukan meningkat seiring peningkatan sistem kekebalan dari infeksi virus lainnya.

Menurut penulis utama studi Dr. Ilaria Dorigatti, temuan ini menunjukkan “kekuatan respons imun tidak tergantung pada gejala dan tingkat keparahan infeksi.”

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Jokowi Janjikan Pelonggaran Bertahap mulai 26 Juli Jika Kasus Covid-19 Turun

Halaman:

Editor: Zoraya Ralie

Sumber: Forbes, Nature Communications


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X